Kamis, 25 April 2013


Nim                     : 41808010002
Fakultas/Jurusan : Ilmu Komputer/Sistem Informasi
Mata Kuliah        : Kewirausahaan 1 (08:00)
Tugas                  : Merangkum Pertemuan Ke-2

Kewirausahaan  adalah  kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different ) melalui berfikir kreatif dan bertindak inovatif serta kemampuan manajemen yang bermanfaat memberi nilai lebih.
Karakteristik kewirausahaan :
1.      Memiliki kreatifitas dan inovatif tinggi
2.      Berkomitmen dan bertanggung jawab
3.      Berani menghadapi resiko
4.      Memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerial
Syarat dari negara maju salah satunya adalah memiliki jumlah wirausaha minimal 2 persen dari total populasi. "Saat ini, jumlah wirausaha Indonesia masih kurang dari 2 persen atau sebanyak 700 ribu orang, masih dibutuhkan sedikitnya 4 juta wirausaha baru”.
Dibandingkan dengan negara – negara lain, perkembangan kewirausahaan di Indonesia masih sangat kurang. Sebagai contoh di Amerika Serikat jumlah wirausaha sudah mencapai 11,5 sampai 12 persen dari jumlah penduduknya. Di Singapura 7 persen, Cina dan Jepang 10 persen, India 7 persen dan Malaysia 3 persen.
Selain perbandingan yang tidak seimbang  antara jumlah angkatan kerja dengan lapangan kerja yang tersedia. Angka pengangguran yang masih melambung tinggi tersebut, juga menunjukkan masih rendahnya jiwa entrepreneurship atau wirausaha pada masyarakat kita. Akibatnya, potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah ruah di negeri ini kurang mampu kita olah demi kesejahteraan bangsa dan negara.
Jika kita menilik kondisi di masyarakat Indonesia pada saat ini, sebenarnya negara ini memang sedang merindukan munculnya enterpreneur-enterpreneur andalan yang bisa mengubah nasib bangsa secara luas. Hanya terdapat sedikit sekali enterpreneur dari populasi Indonesia yang demikian besar ini. Sementara di sisi lain terdapat kenyataan pahit bahwa lulusan sekolah menengah, diploma, dan sarjana adalah penyumbang 50 persen lebih angka pengangguran di Indonesia.
Seseorang yang memiliki jiwa entrepreneur tidak hanya berhasil terjun ke bidang wirausaha tetapi usahanya memiliki sustainability profit yaitu menghasilkan keuntungan secara terus menerus. Berikut poin-poin yang dititk beratkan agar sebuah usaha menjadi sustainability profit.
1.      Memiliki impian besar
2.      Menciptakan produk
3.      Membangun tim yang handal
4.      Menciptakan keteraturan dengan membangun sistem
Seorang enterpreneur membutuhkan kemampuan yang lebih komplek tidak hanya secara teknikal atas bidang usaha yang dijalankan saja yang dibutuhkan tetapi juga kemampuan manajerial. Bahkan kemampuan teknikal dan manajerial belum cukup tetapi seorang enterpreneur juga harus memiliki visi dan misi yang jelas sehingga dapat menggerakkan semangat ke visi dan misi tersebut.
Berwirausaha pada dasarnya sekaligus menanamkan semangat kepemimpinan yang berorientasi tindakan. Kewajiban seseorang yang memutuskan untuk menjadi enterpreneur adalah pertama-tama menjadikan dirinya pemimpin. Dengan berbisnis kita diharapkan untuk bisa menerapkan dasar-dasar kepemimpinan yaitu mengeksekusi, mempengaruhi, menjalin hubungan, dan berpikir strategis. Dengan berwirausaha kita sekaligus membina diri kita untuk menjadi seseorang yang bisa terbiasa untuk mewujudkan ide menjadi kenyataan, mencapai prestasi, fokus terhadap tujuan, mengatur, berdisiplin, dan bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar